Loka POM Inhil Musnahkan Obat dan makanan Tanpa Izin edar senilai 1.065 Milyar


Foto humas pemkab inhil Bupati bersama ungsur forkopimda saat pemusnahan secara simbolis


SERIBUPARITNEWS.COM TEMBILAHAN -Badan Pengawas Obat dan Makanan Kabupaten Indragiri hilir (Inhil) Melaksanakan pemusnahan Obat dan makanan barang bukti yang telah memiliki kekuatan hukum dan KIE Obat makanan tanpa izin edar sebanyak 2082 item atau 59.864 kemasan senin (17/02) dijalan Sungai Beringin, Kecamatan Tembilahan, Inhil

Pemusnahan tersebut dilakukan secara simbolis di Kantor LOKA POM di Kabupaten Inhil Jalan Sungai Beringin Tembilahan dengan cara dibuka dan dirusak kemasan dan produk, sisanya dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jalan Sungai Beringin Tembilahan Parit 19.

Kepala Loka BPOM Inhil, Ayi Mahfud Sidik SSI MH mengatakan barang bukti senilai 1.065 Milyar ini di sita kurun waktu september 2018 hingga 2019 dengan 141 sarana ataupun pelaku yang sudah diperiksa dan di proses hukumnya.

"Kita berharap keberadaan kantor loka POM di kabupaten inhil bisa di rasakan manfaatnya dan masyarakat pelaku usaha dan pemerintah daerah sehingga utamanya masyarakat bisa di lindungi dari bahaya obat makanan yang beresiko terhadap kesehatan."ujar ayi

Dikatakan Ayi Loka POM Inhil yang berdiri pada 17 September 2018 ini mempunyai dua wilayah pengawasan kabupaten Indragiri Hilir dan Indragiri hulu akan terus berbenah agar Masyarakat dan pemerintah terus mendapatkan manfaatnya.

"Saat ini kantor kami bersatus  sementara atau sewa insallah dalam perencanaan di tahun 2021 kantor loka POM di kabupaten inhil akan melaksanakan kegiatan pembangunan kantor  permanen kami berharap pak bupati mensuport keberadaan kantor kami kedepanya"ujarnya

Sementara itu Bupati Inhil HM Wardan  mengucapkan terimakasih dan Mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada LOKA POM di Kabupaten Inhil yang telah melakukan pengawasan terhadap obat dan makanan di daerah ini.

"Pengawasan yang dilakukan oleh LOKA POM di Daerah ini sangatlah penting, apalagi Kabupaten Inhil ini letaknya cukup strategis, dekat dengan Negara tetanggga dan jalur perdagangan Internasional sehingga mudah masuknya produk-produk yang tidak jelas keamanannya" Tutur Bupati

Terakhir Bupati menghimbau kepada Masyarakat untuk selalu waspada dalam menggunakan produk obat dan makanan, serta bacalah KIK (Kemasan, Ijin Edar, dan Kadaluarsa).


Untuk di ketahui produk obat atau cairan bahan kimia ini akan diserahkan kepada jasa pemusnahan limbah PT. Berkah Rezeki Ikhlas Jalan Damai, Gang Bata Merah No. 41 A RT 02, Kelurahan Gajah Sakti, Kecamatan Mandau, Kota Duri, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau untuk diserahkan kepada PT. Tenang Jaya Sejahtera alamat Jalan Raya Badami Ds Margakarya Teluk Jambe Barang Krawang, Jawa Barat.

Laporan. : Safrizal
Editor.      : Prabu Suryadhana

Post a Comment

Previous Post Next Post

Culture