Musrenbangdes Sungai Intan Tahun ini Penuh Nuansa dan Khas yang berbeda



seribuparitnews.com TEMBILAHANHULU - Di Bawah Kepemimpinan Kepala Desa Sungai Intan yang baru, setelah sebelumnya digantikan Penjabat Sementara. Pemerintah Desa Sungai Intan untuk Tahun 2020 mengadakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dengan nuansa dan khas yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Musrenbangdes ini dilaksanakan sebagai amanat undang undang, yang mana Musrenbangdes harus dilaksanakan sebagai penyalur aspirasi dan usulan warga masyarakat Desa. 
Galeri Kegiatan Musrenbangdes Sungai Intan 2020-2021

Tahun 2020 ini acara Musrenbangdes dilaksanakan di Balai Pertemuan Desa Sungai Intan Kamis (23/01/2020). Dengan dihadiri Camat Tembilahan Hulu yang diwakili Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Deni Sastryanto, S.Sos, Babinsa Serda Suherman, Babinkamtibmas Bripka Dedy, Ketua BPD dan Anggota, Pendamping Desa, RT,RW, Kepsek SD, MI, MTs, SMP, PPL Perkebunan Tina Anggara, SP, Para Ketua Masjid, Musholla, Surau, Majelis Taklim, Pengurus BUMDes, PKK, Dada Wisma, dan Para Undangan lain.

Acara dibuka oleh pembawa acara dilanjutkan sambutan oleh Kaur Perencanaan Desa Sungai Intan Khairi, Khairi mengucapkan terima kasih kepada peserta pada Musrenbang 2020 ini. khairi mengatakan Musrenbang pada hari ini masing masing Kepala Dusun akan menyampaikan usulan usulan dari RT,RW dan masyarakat dan akan direkap untuk usulan Tahun 2021.

Sementara Camat Tembilahan Hulu yang diwakili Kasi PMD, Deni Sastryanto, S.Sos menyampaikan permohonan maaf bahwa Pak Camat belum bisa hadiri bersama sama, dikarenakan beliau keliling meninjau Musrenbang yang dilaksanakan serempak di Kelurahan dan Desa di Kecamatan Tembilahan Hulu. Disampaikannya juga bahwa usulan usulan nantinya akan diambil mana skala prioritas mana yang ditunda dulu, misalkan jalan kecil cukup dengan gotong royong dan sedikit dana dari Desa ucap anak pak de Noto ini.

Dipokok acara Kepala Desa Sungai Intan yang terpilih memimpin Periode 2020 - 2026  Ahmad Efendi, S.Pdi menyampaikan bahwa nuansa dan khas yang berbeda pada Musrenbang  Tahun ini adalah dilaksanakan serentak Di Desa dan di Kelurahan  yang ada di Kecamatan Tembilahan Hulu dan juga kebetulan saya sudah terpilih kembali menjadi Kepala Desa untuk memimpin Musrenbang tahun ini ungkapnya penuh syukur.

Disampaikannya juga usulan bapak dan ibu akan diekspose di Musrenbang Tingkat Kecamatan dan Insya Alloh akan dilaksanakan awal februari. Usulan usulan masih terkendala dengan proposal diharapkannya sampai tanggal 30 Januari proposal diterima dikantor Desa ungkapnya

Ditambahkan Efendy bahwa usulan juga  hendaknya diminta bagi Anggota Dewan yang memiliki suara di Desa Sungai Intan. Tahun 2021 ini  berharap banyak  bantuan di Desa Sungai Intan

Untuk tahun 2020 ada anggaran yang masuk ke Desa Sungai Intan yaitu Pembangunan Masjid Nurul Huda, Jalan Parit 14 dan 15, juga Jalan Lingkungan arah menuju Pelabuhan Desa menurut Informasi yang didapat dari Kecamatan Tembilahan Hulu

Dalam acara ini juga saya sudah mengundang beberapa Kepala Dinas, dan anggota Dewan,dikarenakan kesibukan mereka tidak bisa hadir, bagi usulan masyarakat yang tidak masuk diekpose pada hari ini, segera diinput ke kaur perencana ungkapnya.

Diharapkan kekompakan kita. Saya bukan penguasa tetapi perwakilan bapak ibu semua ungkapnya sembari tersenyum

Usulan nama jalan akan dirubah Nama Parit menjadi jalan poros, kedepannya diubah menjadi jalan lingkungan. Terakhir kepala Desa Sungai intan mengingatkan bahwa blangko KTP sudah tersedia. Ayo warga yang belum memiliki KTP segera mengurusnya dengan berbagai persyaratan yang ada ungkap ajakannya.

Selanjutnya acara dilanjutkan Expose Usulan dari masing Kepala Dusun diantararanya Dusun Sungai Intan, Cempaka, Sungai Nibung,Sungai Pinang dan Karya Makmur. Masing masing menyampaikan usulan mengenai Akses Jalan, Keagamaan, Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Perikanan, Sarana Olahraga, Keagamaan, Sarana Ibadah dan sosial kemasyarakatan


Acara diakhiri dengan doa dan foto bersama.

Pewarta : Prabu Suryadhana

Post a Comment

Previous Post Next Post

Culture