Kapten Inf. Anwarsyah Siregar Berikan Materi Minggu Militer



TEMBILAHAN, seribuparitnews.com - Untuk meningkatkan kedisiplinan prajurit dan mengingatkan kembali kemampuan dasar militer juga melatih kebugaran fisik dan semangat bagi seluruh anggota.  Kodim 0314/Inhil melaksanakan program Minggu militer di lapangan apel Makodim 0314/Inhil, Jl. Ahmad Yani Tembilahan, Selasa (28/01/2020).

Kegiatan ini merupakan kegiatan program TNI Angkatan Darat di satuan teritorial. Karena di satuan teritorial,kegiatan ini jarang digunakan dilapangan karena lebih kepada pembinaan teritorial terhadap masyarakat terutama bagi anggota Babinsa.
Galeri Kegiatan Minggu Militer Kodim 0314 Inhil

Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal melalui Pasi Teritorial Kapten Inf Anwarsyah Siregar mengatakan,meskipun kita satuan teritorial, yang lebih kepada pembinaan masyarakat,namun jati diri kita tetaplah TNI yang memiliki Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI. Maka dari itu setiap sebulan sekali tetap kita melakukan latihan dasar militer untuk tetap meningkatkan kedisiplinan dan kemampuan dasar sebagai prajurit serta untuk menunjang keberhasilan tugas pokok TNI.  

Kegiatan Minggu Militer yang kita laksanakan hari ini, di samping program dari komando atas, juga merupakan ajang untuk memelihara pengetahuan, keterampilan dan kemampuan serta kedisiplinan prajurit khususnya jajaran Kodim 0314 Inhil," Ucap Pasiter

Minggu militer kali ini kita melaksanakan latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan bongkar pasang senjata. Peraturan Baris Berbaris (PBB) ini sangat penting bagi seorang prajurit,karena kegiatan PBB ini adalah cerminan tingkat kedisiplinan setiap prajurit,baik indifidu maupun kelompok. Karena PBB ini juga merupakan modal dasar bagi setiap prajurit TNI. 

Peraturan Baris Berbaris inipun sangat penting bagi seluruh prajurit di satuan teritorial. Karena setiap Babinsa harus mampu menjadi seorang pelatih yang mumpuni bagi para siswa/i, linmas maupun satpol PP bahkan setiap bulan Agustus harus mampu melatih dan membentuk Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) saat HUT Kemerdekaan RI di wilayah binaan nya masing-masing.

Selain tingkat kedisiplinan,setiap prajurit juga harus memiliki kemampuan keterampilan dan kecepatan dalam melaksanakan bongkar pasang senjata,baik laras pendek maupun laras panjang,dari bagian-bagian besar sampai bagian-bagian kecilnya.

Tujuannya yaitu apabila suatu saat dihadapkan dengan medan pertempuran yang sebenarnya, setiap prajurit mampu mengatasi segala macam gangguan senjata termasuk membersihkan senjata tersebut dengan membongkarnya dengan secepat mungkin dibawah tekanan musuh.

Dalam kegiatan bongkar pasang senjata ini seluruh anggota wajib melaksanakan dan di hitung waktu oleh pelatih. Bagi yang masih lambat,pelatih memberi hukuman mengulang dan mengulang sampai bisa sesuai waktu yang di tentukan.

Latihan bongkar pasang senjata ini sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan setiap personelnya. Dengan adanya latihan ini juga dapat dimanfaatkan oleh setiap prajurit dalam membersihkan senjata dan mempersiapkan senjata mereka untuk bisa digunakan sewaktu-waktu,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, setiap prajurit diwajibkan untuk meningkatkan kemampuannya dalam hal penguasaan senjata. Walau pun sudah diwilayah dan situasi sudah aman, akan tetapi TNI tidak boleh lupa dengan pegangannya. Karena bagi TNI, senjata merupakan alat yang harus benar-benar dikuasai sampai dengan hal-hal yang mendetail setiap komponennya ucap Pasiter.

Laporan.   :.  Mang Tarsa
Editor.       :.  Prabu Suryadhana

Post a Comment

Previous Post Next Post

Culture