DPW LBDH Inhil Gelar Pengobatan Gratis



Seribuparitnews.com,TEMBILAHAN - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Laskar Banjar Dalas Hangit (LBDH) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) untuk pertama kalinya menggelar kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis bagi masyarakat di Dusun Parit Surau, Seberang Tembilahan, Minggu (26/1/2020) siang.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis ini mengusung tagline "Sehat Itu Bukan Suatu Kemewahan, Sehat Itu Murah. Tetapi, Menjadi Mahal Ketika Sehat Telah Berubah Menjadi Sakit".

Menurut Ketua Umum DPW LBDH Inhil, H Yune Indrawan mengungkapkan, kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian sosial kepada masyarakat dan merupakan salah satu program prioritas DPW LBDH Inhil.

"Ini bentuk kepedulian sosial kita terhadap masyarakat. Pengobatan gratis ini adalah salah satu bagian dari program prioritas kita di bidang sosial," ungkap H Yune usai pelaksanaan pengobatan gratis.

Pemilihan Dusun Parit Surau, Kelurahan Seberang Tembilahan sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan pengobatan gratis perdana, menurut H Yune, didasarkan atas pertimbangan sulitnya akses kesehatan di wilayah tersebut.

"Setelah ini, masih ada pengobatan gratis. Mengenai lokasinya sedang kita telusuri. Ada kemungkinan di Kecamatan Kempas, di wilayah Sungai Rabit. Nanti kita bahas lagi setelah ini," ujar H Yune.

Dalam momen ini, H Yune juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Kelurahan Seberang Tembilahan, khususnya kepada Lurah Seberang Tembilahan yang telah berkenan memfasilitasi kegiatan Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis bagi masyarakat.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah keinginan kami untuk berpartisipasi menjaga kesehatan masyarakat sehingga keberadaan LBDH Inhil dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat berlanjut kedepannya," tutur H Yune.

Lurah Seberang Tembilahan, Raja Elvayanti, SSos mengungkapkan rasa syukurnya atas penyelenggaraan kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis.

Elva mengatakan, kegiatan seperti pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis yang dilaksanakan oleh LBDH Inhil memang dibutuhkan masyarakat di Dusun Parit Surau. Sebab, warga Dusun Parit Surau sangat jarang mendapat pelayanan kesehatan seperti pemeriksaan kesehatan dikarenakan jarak yang begitu jauh dengan sarana kesehatan terdekat.

"Akses menuju Puskesmas terdekat saja dari Dusun Parit Surau mencapai 1 jam. Paling yang bisa diadakan rutin itu setiap bulannya cuma Posyandu," kata Elva.

Bahkan beberapa waktu lalu, dikatakan Elva, akses kesehatan yang jauh ditempuh membuat masyarakat yang akan melahirkan harus melahirkan anaknya di dalam sebuah sampan bermesin atau pompong saat hendak menuju Puskesmas.

"Kita berharap kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis ini dapat dilaksanakan secara kontinyu. Untuk kegiatan sore ini, kita berharap semoga kegiatan kita lancar dan menjadi amal ibadah bagi kita semua," tutur Elva.

Dalam kegiatan Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis saat itu, selain Lurah Seberang Tembilahan Barat, turut hadir pula Kepala Puskesmas Pembantu Kelurahan Seberang Tembilahan dan Ketua RT setempat.

Puluhan warga Dusun Parit Surau, Kelurahan Seberang Tembilahan tampak begitu antusias mengikuti pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis yang memang jarang dirasakan.

Pada kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis ini, LBDH Inhil menurunkan seorang dokter dan seorang perawat sebagai tim kesehatan yang bertugas.

Pewarta : Prabu Suryadhana

Post a Comment

Previous Post Next Post

Culture