Pasi Ops Kodim 0314 Inhil Hadiri Rakor Lintas Sektoral Operasi Lilin Muara Takus Tahun 2019



seribuparitnews.com TEMBILAHAN, - Pasi ops Kodim 0314/Inhil Kapten Inf Tarmizi mewakili Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal menghadiri rapat koordinasi lintas sektoral operasi Lilin Muara Takus 2019 dalam rangka pengamanan natal dan tahun baru 2020 yang di selwnggarakan oleh Polres Inhil, Jum'at (13/12/2019).

Rakor lintas sektoral ini di laksanakan di ruang Bhakti Reconfu Mapolres Inhil yang di hadiri oleh seluruh Forkopimda Kabupaten Inhil, Tokoh Agama, Aparat Keamanan, Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Inhil dan Dinas-dinas terkait.

Kapolres Inhil AKBP Indra Duaman Siahaan, S.I.K. melalui Waka Polres Inhil Kompol R Firdaus mengatakan bahwa hasil rapat koordinasi kita hari ini adalah masing-masing dari stockholder memberikan gambaran kepada kita semua tentang kesiapan, contohnya dari pihak kepolisian menggambarkan kesiapan personil, persiapan dari seluruh aturan dan jadwal-jadwalnya, ancaman-ancaman serta antisipasi gangguan keamanan.

"Pihak Pemda juga telah memberikan gambaran dan siap untuk mendukung tugas kita. Baik secara finansial maupun dari yang lainnya. Stockholder dari Dinas perhubungan dari perairan juga sudah memaparkan ancaman-ancaman, gangguan. Begitu juga dari logistik kesiapan, Pertamina juga sudah memaparkan kesiapannya, PLN, rekan-rakan kami dari Kodim serta hampir semua stakeholder sudah memaparkan dan siap mendukung/mensuport," kata Wakapolres Inhil.

Wakapolres Inhil juga menututurkan bahwa pelaksanaan tadi juga ada masukan dari pendeta gereja. Kegiatan keagamaan sudah berkoordinasi untuk menciptakan keamanan, dan pada intinya bagaimana suasana Natal dan Tahun baru tetap lancar aman dan terkendali. Artinya perpindahan barang dan orang dapat berjalan sesuai dengan yang kita inginkan. 

"Maka dari itu, betul-betul menghimbau masyarakat, pertama pada saat berlalu lintas perhatikan kelayakan kendaraan yang, kedua perhatikan kesiapan fisik artinya jangan mengkonsumsi yang tidak seharusnya dikonsumsi seperti minuman keras atau obat-obat terlarang begitu juga perhatikan surat-surat kelengkapan kendaraan diperhatikan dan harus memperhatikan rambu-rambu lalu lintas dan mengedepankan keselamatan. Dan bagi yang meninggalkan rumah kita memohon untuk memperhatikan kompor, listrik dan menitipkan rumahnya kepada tetangga atau RT dan RW," tutup Wakapolres Inhil.

Selanjutnya, Drs H Aprizal MP mengatakan  pemerintah daerah mendukung kegiatan ini dan tadi juga sudah dinyatakan dari Wakil DPRD terkait pelaksanaan sore ini, Serta Dinas Perhubungan, kesehatan, Satpol PP, dan Damkar siap mendukung.

"Kita sudah sering melakukan kegiatan ini. Jadi, mudah-mudahan dengan kebersamaan kita ini akan memudahkan dan melancarkan lebih lancar lagi tadi pak Kapolres dan TNI akan mengingatkan tugas dan fungsi masing-masing untuk tugas pokok," kata Aprizal.

"Untuk fungsi Dinas Perhubungan yang berkenaan dengan jalan darat ini tolong diperketat, karena ini akan kita tindak lanjuti baik itu kesehatan dan kelayakan kendaraan yang akan dipergunakan untuk angkutan tahun baru dan Natal ini barangkali itu mudah-mudahan dapat berjalan dengan baik," tambahnya.

Sementara itu, Dandim 0314 Inhil Letkol Inf Imir Faishal yang di wakili Pasi Ops Kodim 0314/Inhil Kapten Inf Tarmizi yang juga merangkap sebagai Danramil 01/Tembilahan mengucapkan terima kasih kepada seluruh yang hadir yang telah memaparkan serta memberikan masukan dalam pelaksanaan rapat sore ini. 

"Khususnya dari Kodim 0314 Inhil, siap untuk bersama-sama bersinergi. Karena, tugas TNI selain untuk perang, juga mempunyai tanggung jawab untuk membantu Polri dibidang keamanan dan pemerintah daerah,dalam hal ini ada kegiatan pengamanan Natal dan Tahun Baru," kata Pasi Ops.

Dia juga menututurkan bahwa kodim 0314/Inhil juga akan melaksanakan patroli-patroli diseputaran Kota Tembilahan khususnya ke tempat-tempat ibadah sertamelaksanakan pengamanan di pos-pos yang sudah ditentukan.

"Semoga apa yang telah kita diskusikan bersama ini bisa berjalan lancar tampa ada hambatan. Dan saya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat mari sama-sama kita jaga ketertiban agar tetap dalam keadaan aman dalam menyambut

Pewarta : Prabu Suryadhana

Post a Comment

Previous Post Next Post

Culture