KESETIAAN BURHANUDDIN DAN JKN-KIS TIDAK LUNTUR UNTUK MERAWAT DAN MENJAMIN YUSNITA”


seribuparitnews.com Tembilahan, Jamkesnews – Pola hidup yang tidak sehat membuat berbagai penyakit berdatangan ke tubuh manusia, untuk itu menjaga pola makan dan rutin olahraga sejak dini  sangat penting. Jangan sampai penyesalan itu terjadi di kemudian hari.

Yusnita Franciska (32) terdaftar sebagai peserta bukan penerima upah (PBPU) kelas II yang selalu rutin dan patuh untuk membayar iuran setiap bulannya. Memang sebelumnya ia bekerja sebagai guru di salah satu TK di Tembilahan.

Penyesalan itu pun dirasakan oleh Yusnita, bagaimana tidak disaat usianya yang masih tergolong muda ia menderita Hipertensi dan Diabetes, ditambah pada tahun 2018 kenyataan pahit pun harus diterima Yusnita disaat ia divonis gagal ginjal. Yusnita juga sempat dirujuk ke Rumah Sakit Eka Hospital dan disana jawabannya tetap sama, kedua ginjal Yusnita sudah tidak bisa diselamatkan lagi, untuk pertama kalinya Yusnita menjalani cuci darah di Rumah Sakit Eka Hospital.

“Sebelum saya divonis gagal ginjal oleh dokter, saya selalu merasakan sesak nafas, seluruh tubuh lemas dan bengkak – bengkak, akhirnya saya memutuskan untuk tidak mengajar lagi karena kesehatan saya yang terus menurun dulu,” ujar Yusnita.

Keluar masuk Rumah Sakit selalu dialami oleh Yusnita, ujian demi ujian terus dilalui oleh Yusnita dan Baharuddin suaminya. Yusnita dan suami sudah 2 kali kehilangan buah hati tercintanya dikarenakan faktor riwayat sang ibu yang menyebabkan kesehatan sang anak ikut terganggu. Baharuddin sendiri merupakan sosok suami yang sangat setia, sabar serta tabah menemani istri dalam masa pengobatan.

“Program JKN-KIS ini sangat membantu saya karena tidak ada biaya yang keluar selama ini, satu tahun terakhir ini saya rutin cuci darah seminggu dua kali, dalam sebulan saya delapan kali cuci darah, yang kita ketahui biaya cuci darah dalam sekali tindakan sangatlah mahal dan bersyukurnya kami bahwa pengobatan yang saya lalui dijamin oleh Program JKN-KIS,” tutur Yusnita.

Yusnita kini mulai menjalani pola makan yang sehat dan ia memiliki harapan ke depannya mengenai Program JKN-KIS ini harus tetap berlanjut karena sangat membantu masyarakat dan semoga BPJS Kesehatan lebih sukses dan maju untuk menjalankan program ini. (sj)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Culture