Danramil 07 Reteh Hadiri Apel Kesiapsiagaan pencegahan Karhutla Tahun 2019/2020



seribuparitnews.com RETEH, - Bertempat di halaman Kantor Camat Reteh, telah dilaksanakan Giat Apel Kesiapan Hadapi Pencegahan Bencana Alam Karhutla Tahun 2019/2020, Kecamatan Reteh, Indragiri Hilir, Rabu (11/12/19) pukul 08:00 WIB. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Reteh, Danramil 07/Reteh, Kapolsek Reteh, Lurah , Kades sekecamatan Reteh, TNI/Polri, MPA sekecamatan Reteh, Perwakilan Perusahaan sekecamatan Reteh, para, Toga, Tomas,Toda. 

Danramil 07/Reteh menyampaikan dalam amanatnya bahwa Karhutla yang terjadi di Riau telah menimbulkan banyak kerugian yang tidak sedikit dan akan terus bertambah jika tidak ditangani dengan serius. 

"Kita telah menyaksikan banyak aktifitas yang tertunda saat kita diselubungi oleh asap Karhutla. Terutama aktifitas diluar ruangan seperti aktivitas perkantoran dan sekolah diliburkan, ancaman kesehatan pernafasan dan berbagai persoalan lainnya akibat asap Karhutla." ujar Danramil. 

Lalu, lanjutnya, secara umum karhutla dapat disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor manusia, baik sengaja maupun tidak sengaja, serta faktor alam yang diakibatkan oleh kemarau berkepanjangan.

"Faktor kesengajaan seperti sengaja membuka sistem lahan perkebunan dengan cara membakar hutan, dan lahan" sebutnya. 

Danramil 07/Reteh menyebutkan perlu dilakukan pendekatan secara langsung dan terus menerus agar masyarakat dapat menyadari pentingnya kelestarian hutan dengan cara tidak membakarnya.

"Saya berharap agar sinergitas antara pemerintah daerah, TNI, Polri, instansi terkait, swasta dan seluruh elemen masyarakat Riau, khususnya di Kecamatan Reteh dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan harus terus digiatkan." harapnya. 

Beliau juga mengajak seluruh unsur agar lebih peduli terhadap lingkungan dengan bersama lebih keras dan cerdas serta tuntas untuk dapat melakukan kegiatan pemadaman, patroli, dan mensosialisasikan larangan untuk tidak membakar hutan dan lahan. 

"Serta saya harap untuk kita semua untuk merealisasikan upaya-upaya lain yang produktif dalam mengurangi dan mencegah terjadinya Karhutla di Riau, khususnya di Kecamatan Reteh ini." tandasnya. 

Kegiatan tersebut selesai sekira pukul 10:00 WIB dan di lanjutkan penandatanganan Deklarasi bebas asap 2020 dalam keadaan aman.

Pewarta : Prabu Suryadhana

Post a Comment

Previous Post Next Post

Culture