Kodim 0314 Inhil, Sub Denpom Inhil dan Minvet Laksanakan Samapta Periodik Semester II





TEMBILAHAN - seribuparitnews.com Seluruh anggota jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0314/ Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) hari ini, Kamis 14/11/2019 melaksanakan Samapta periodik semester ll (dua) program kerja tahun anggaran 2019 bertempat di stadion sepak bola Beringin.

Kegiatan samapta tersebut meliputi test lari selama 12 menit dengan target jarak sesuai katagori umur dan Pull Up, Sit Up, Push Up, langes dan Shuttle Run.

Tidak hanya itu, test samapta juga dilanjutkan ketangkasan renang dasar Militer dengan menggunakan gaya dada atau gaya katak dengan jarak 50 meter. Kegiatan renang dasar militer ini dilaksanakan di kolam renang Telaga Puri di Jalan lingkar 1 Tembilahan.

Dalam kegiatan Tes Samapta periodik ll tersebut, diawasi langsung oleh Tim Jasmani Militer dari Korem 031/Wira Bima yaitu Sertu Asril dan Serda Nopri.

Tidak hanya anggota Kodim 0314/Inhil saja yang mengikuti kegiatan samapta periodik ini, seluruh anggota Sub Denpom dan seluruh anggota Minvet Tembilahan juga mengikuti test kesamaptaan jasmani periodik ll ini.

Sebelum melaksanakan samapta, seluruh anggota melaksanakan pengecekan kesehatan yaitu cek tensi untuk mengetahui kondisi kesehatan perorangan dan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak di harapkan.

Setelah pengecekan kesehatan oleh tim kesehatan Kodim, seluruh anggota melaksanakan apel pagi yang di ambil oleh Pasi Intel Kodim 0314/Inhil Kapten Inf Zainuar S mewakili Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal.

Dalam arahannya, Pasi Intel menekankan agar dalam pelaksanaan samapta ini betul-betul dilaksanakan dengan serius, dikarenakan nilai yang di ambil merupakan acuan untuk apabila mengikuti pendidikan ataupun kursus nantinya.

"Namun jangan juga terlalu dipaksakan, yang tahu kondisi adalah diri pribadi. Apabila kondisi sudah tidak memungkinkan, silahkan angkat tangan dan menepi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan," tegas Pasi Intel

Sementara itu, Pasi pasi ops Kodim 0314/Inhil Kapten Inf Tarmizi saat di konfirmasi, mengatakan, " Kegiatan ini bertujuan untuk membina dan meningkatkan kemampuan prajurit jajaran Kodim 0314/Inhil guna menunjang pelaksanaan tugas pokok TNI AD.

"Diharapkan melalui tes Samapta Periodik ini kita dapat mengukur dan mengetahui kemampuan jasmani prajurit setiap 6 bulan sekali, apakah meningkat atau sebaliknya menurun. Apabila jasmani prajurit meningkat harus dipertahankan akan tetapi apabila jasmani prajurit menurun perlu diadakan pembinaan fisik secara ekstra disatuan," ulasnya

Dalam melaksanakan kegiatan ini seluruh prajurit agar dengan sungguh-sungguh dan secara maksimal agar hasil nilainya dapat tercapai sesuai yang diharapkan.

Dalam pelaksanaan Tes Samapta ini para prajurit perorangan akan kami ambil data nilainya dan yang terutama juga bagi prajurit yang akan UKP periode 1 April 2020 akan diambil data nilai awalnya.

"Apabila ada prajurit yang belum mencapai nilai yang sudah ditetapkan dalam artian kategori lulus, nantinya prajurit yang bersangkutan akan dibina dan diberikan pelatihan secara khusus sampai mencapai nilai yang diharapkan ", ujar Pasi Ops Kodim 0314/Inhil Kapten Inf Tarmizi. 

Pewarta. : Prabu Suryadhana
Editor.      : kuntara

Post a Comment

Previous Post Next Post

Culture