Babinsa Kempas Aplikasikan Penggunaan Pupuk kepada Petani



KEMPAS, - seribuparitnews.com Setelah sebelumnya telah dilaksanakan sosialisasi dan penyuluhan pembuatan pupuk BIOS 44 di Kilang Padi Kerja Sama, kini para petani Kelurahan Kempas Jaya diberikan pengetahuan tentang pembuatan BIOS 44 secara langsung di lahan milik pak Paidi selaku Ketua Kelompok Tani Makmur di Kelurahan Kempas Jaya, Kecamatan Kempas, Sabtu (16/11/19). 

Selanjutnya dapat diaplikasikan tata cara penggunaan pupuk tersebut. Materi tersebut disampaikan oleh Babinsa Koramil 03/Tempuling Sertu Faisal, pertama menjelaskan tentang proses pembuatan yang disesuaikan dengan kebutuhan maupun sasaran. Karena takaran dan campuran yang digunakan berbeda.

Menyesuaikan kebutuhan penggunaan seperti padi sawah,  hingga tanaman keras seperti cengkeh, pala, karet dan lain-lain. Masing-masing segmen memiliki takaran tertentu, sehingga jumlah pupuk yang masuk dapat seimbang dan tepat. Karena pada dasarnya BIOS 44 ini merupakan mikroorganisme yang memberikan manfaat atau keuntungan bagi induk inangnya.

"Yang digunakan untuk padi seluas satu hektar sekarang ini kita gunakan sekitar 500 liter air dengan dicampur setengah bahan baku dan setelah 21 hari masa penggunaan kita bisa menambahkan kembali air dan 2,5kg gula," ungkap Babinsa. 

Sertu Faisal menyampaikan bahwa, penggunaan BIOS 44 ini akan sangat memberikan manfaat yang besar terhadap petani. Karena BIOS 44 ini merupakan hasil riset jajaran TNI Angkatan Darat yang penggunaan awalnya adalah memperbaiki lahan gambut dalam rangka penanganan kebakaran hutan di Sumatera dan telah berhasil.

"Sehingga penggunaan BIOS 44 ini disebar luaskan agar memberikan kontribusi positif di seluruh wilayah NKRI," imbuhnya. 

Bios 44 merupakan bahan fermentasi yang dapat mempercepat proses pembusukan materi organik lahan sekaligus meningkatkan PH tanah menjadi normal. Selain itu, Bios 44 juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan lahan pertanian, perkebunan dan lahan kolam perikanan.

Hal itu disampaikan Babinsa Koramil 03/Tempuling Sertu Faisal saat memberikan cara penggunaan Bios 44 bagi petani.

“Bios 44 ini untuk meningkatkan lahan tidak produktif menjadi lahan produktif serta dapat menormalisasikan lahan untuk kembali seperti semula,” kata Sertu Faisal.

Pengunaan Bios 44, menurut Sertu Faisal dapat digunakan pada lahan gambut sebagai fermentasi pada tanaman sehingga menjadi subur dan itu sangat berguna untuk lahan pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan.

Pewarta  : Prabu Suryadhana
Editor.      : Kuntara

Post a Comment

Previous Post Next Post

Culture