Maksimalkan potensi desa, TIM KUKERTA TEMATIK UNRI di Desa Batu Ampar Kecamatan Kemuning, Inhil lakukan survei lokasi Bukit Berbunga.


Seribuparitnews.com ,||• BERITA PENDIDIKAN •||, Batu Ampar, Kemuning, Indragiri Hilir-Minggu(28/07/2019). Kukerta Tematik Desa Batu Ampar Universitas Riau Tahun 2019 melakukan survei untuk yang pertama kalinya ke Bukit Berbunga yang mana Bukit Berbunga merupakan lokasi untuk program utama Mahasiswa Kukerta Batu Ampar yaitu program TEMATIK

Bukit Berbunga terletak di Desa Batu Ampar Dengan Ketinggian  kurang lebih 300m. Dari Bukit Berbunga kita sama-sama dapat melihat keindahan Desa Batu Ampar, Kelurahan Selensen, Pabrik Karet yang berada di Kelurahan Selensen, dan pertambangan Batu Bara yang ada di Desa Batu Ampar. Untuk diketahui, Bukit Berbunga merupakan salah satu ikon menarik yang ada di  Desa Batu Ampar selain Air Terjun Tembulung Rusa, Batu Besar, dan lainnya.

Pada saat survei pertama Tim Kukerta Desa Batu Ampar bekerja sama dengan IPD (Ikatan Pemuda Desa) Batu Ampar untuk mengembangkan kembali wisata alam Bukit Berbunga. Survei yang dilakulan TIM KUKERTATEMATIK UNRI bertujuan untuk melihat sejauh mana potensi wisata bukit berbunga dapat dikembangkan. 
Salah satu warga bernama Anggi mengatakan "Bukit Berbunga biasanya jika hari ke-2 lebaran Idul Fitri ataupun Idul Adha para warga Desa Batu Ampar akan datang berekreasi ataupun piknik bersama keluarga di Bukit Berbunga". Maka dari itu keindahan dari Bukit Berbunga tadi harus kembali di explore agar bisa dikenal hingga keluar Kecamatan Kemuning bahkan Kabupaten Indragiri Hilir.

Selain survei, TIM KUKERTA TEMATIK UNRI dan IPD (Ikatan Pemuda Desa) Batu Ampar  juga membangun tangga agar para pengunjung dapat mendaki bukit berbunga dengan santai. Tim Kukerta dan IPD memanfaatkan batang kayu yang sudah tumbang untuk membuat tangga menuju puncak Bukit Berbunga. Tentunya, kayu yang digunakan adalah kayu yang kuat agar tidak membahayakan para wisatawan saat menuju puncak.

"Kami sudah menyusun beberapa rencana untuk mengembangkan potensi wisata di Bukit Berbunga ini. Setelah melaksanakan survei kami sudah mendapat gambaran dari rencana yang sudah kami buat. Beberapa titik sangat potensial untuk di buat spot foto, pencahayaan matahari juga sangat bagus. Kami optimis Bukit Berbunga akan semakin cantik dan dikenal sebagai ikon Kecamatan Kemuning, pungkas Ketua TIM KUKERTA TEMATIK UNRI." tutupnya. (Angga)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Culture