MAHASISWA KUKERTA UNRI 2019 DESA PEKANTUA MEMBUAT PUPUK PESTISIDA NABATI

Seribuparitnews.com ,||•BERITA PENDIDIKAN •||,KEMPAS :Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Universitas Riau Desa Pekan Tua, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir  dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Asyrul Fikri, M.Pd  mempresentasikan dan mengajari warga desa Pekan Tua membuat produk Pestisida Nabati produk olahan ini hasil inovasi yang memanfaatkan Tanaman yang ada disekitar rumah yaitu Lidah buaya, bawang putih dan Daun pepaya (15/8/2019).


Dina Ramadani selaku pemateri dari Tim Mahasiswa KUKERTA UNRI nenuturkan bahwa", pestisida nabati adalah pestisida dengan berbahan dasar tumbuhan-tumbuhan sekitar kita ataupun bahan-bahan yang sudah kita kenal sebelumnya bahkan mungkin sangat akrab dengan kita.

Pestisida nabati saat ini digalakan dengan teknik Pengendalian Hama Secara Terpadu yang penekannya terhadap kontroling atau pengawasan, kemudian pencegahan dan pengendalian hama agar hama dan penyakit tidak berkembang dan menyebar pada tanaman, terutama dengan teknik mengusir, mengendalikan, menahan, mencegah, meminimalisir, menggunakan perangkap dan menghambat perkembangan hama dan penyakit.

Alat dan bahan Yang diperlukan dalam pembuatan pestisida nabati diantaranya adalah: Belender, Air, Bawang putih, Lidah buaya, dan daun Pepaya.

Kegiatan ini disambut baik oleh Kepala Desa Pekan Tua Bapak Ibnu Sofyan  dan Masyarakat Desa. Berharap kepada Tim penggerak PKK dan seluruh masyarakat Desa agar menggunakan Pestisida nabati untuk tanaman, "karena selain dapat meminimalisir pembelian bahan kimia. Ujarnya"(Liza)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Culture