MAHASISWA KUKERTA UNRI 2019 DESA PEKANTUA MENYULAP PARE MENJADI CEMILAN LEZAT


Seribuparitnews.com,||•BERITA PENDIDIKAN •||,Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Universitas Riau Desa Pekan Tua, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir  dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Asyrul Fikri, M.Pd  mempresentasikan dan mengajari warga desa Pekan Tua membuat produk Keripik Pare Gurih olahan ini hasil inovasi yang memanfaatkan tanaman yang ada di desa ini, yaitu Pare (15/8/2019).

Herliza sebagai pemateri dari Tim Mahasiswa KUKERTA UNRI dalam pemaparannya menuturkan bahwa, Pare memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung zat antioksidan guna mencegah penyakit kanker, menyeimbangkan gula darah serta mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh. "Harapan dari sosialisasi ini yaitu agar masyarakat Desa  dapat terus menerapkan bercocok tanam secara hidroponik mulai yang sederhana sampai usaha konvensional nantinya. Sosialisasi kemudian dilanjutkan dengan Sosialisasi pembuatan Keripik berbahan dasar pare", ujarnya.

Dalam segi rasa pare dikenal dengan  rasa pahit sehingga kurang diminati oleh masyarakat pada umumnya, oleh sebab itu perlu adanya inovasi dalam segi pengolahan pare untuk dijadikan makanan yang disukai dan dimanti semua kalangan. Pembuatan keripik pare ini sangat mudah dan sederhana dengan bahan yang mudah ditemui serta harga yang terjangkau, sehingga tidak menutup kemungkinan bisa dijadikan usaha rumahan maupun dikelola oleh BumDes.

Keripik pare hasil olahan Tim KUKERTA UNRI 2019 diberi nama KEPAGU (keripik pare gurih).  Dengan variasi rasa yaitu Original, Balado, Barbeqiu, Jagung bakar ataupun variasi rasa lainnya sesuai selera. Harapan dari kegiatan ini yaitu masyarakt dapat mengolah pare dengan inovasi baru serta dapat merasakan manfaat pare untuk kesehatan tanpa takut akan rasa pahitnya.

Kegiatan ini disambut baik oleh Kepala Desa Pekan Tua Bapak Ibnu Sofyan, Masyarakat Desa dan ibu-ibu penggerak PKK.


Semoga dengan lahirnya produk yang kita ciptakan bersama ini, dapat menginspirasi ibu-ibu untuk membuat produk lain, sehingga dapat meningkatkan pendapatan warga desa dan menjadi olahan khas dari Inhil, khususnya Desa Pekan Tua"Ujarnya.(Liza)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Culture