Mahasiswa Kukerta Universitas Riau Melakukan Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring Guna Membantu Perekonomia Masyarakat Desa


Seribuparitnews.com,||• BERITA PENDIDIKAN•||, Indragiri Hilir, Kempas :
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau yang mengabdi di Desa Kulim Jaya, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir melakukan sosialisasi dan pelatihan sabun cuci piring di setiap Dusun yaitu Dusun Air Hitam, Dusun Gemilang I, Dusun Gemilang II bahkan di acara Ibu PKK Desa Kulim Jaya. Pembuatan sabun cuci piring dibuat dari bahan yang aman dan mudah di dapatkan, seperti : NaCl, Natrium Sulfat, Gel Sabun, Pewarna Sabun dan Pewangi Jeruk Nipis.

Cara pembuatan sabun cuci piring ini pun sangat mudah dilakukan yang pertama, siapkan terlebih dahulu air dan ember besar lalu masukkan larutan NaCl dan Natrium Sulfat kedalam air hingga larut. Setelah itu, masukkan Gel Sabun di aduk sampai merata sehingga mengental. Lalu, setelah mengental masukkan pewarna sabun dan pewangi jeruk nipis. Biarkan cairan sabun tersebut mengendap lebih kurang 30 menit. Setelah itu baru siap di pakai.

Tujuan lain dari sosialisasi dan pelatihan sabun cuci piring ini yaitu bias dijadikan sebagai pengetahuan untuk ibu-ibu rumah tangga bukan hanya untuk dikonsumsi saja tetapi bias dijadikan sebagai usaha sanpingan.

Perencanaan program dan pelaksanaan kegiatan ini dipimpin oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kukerta Desa Kulim Jaya 2019, Bapak Asyrul Fikri, S.Pd, M.Pd.

Melalui program pelatihan sabun cuci piring ini, Mahasiswa Kukerta UNRI melalui inovasi baru yang diharapkan mampu menghasilkan produk turunan yang nantinya dapat membantu perekonomian masyarakat khususnya di Desa Kulim Jaya, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir. 

“Sosialisasi dan pelatihan sabun cuci piring ini sangat berguna bagi ibu-ibu rumah tangga disini, karena bias membuatnya sendiri dirumah serta bias menghemat uang belanja” Ungkap ibu Yuni salah satu Ibu Rumah Tangga di Desa Kulim Jaya.


Sosialisasi dan pelatihan ini disambut antusias oleh warga yang hadir. Dengan adanya pengetahuan tentang cara pembuatan sabun cuci piring, banyak Ibu Rumah Tangga bertanya lebih lanjut.

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan sabun cuci piring ini di tutup dengan pembagian hasil dari pembuatan sabun cuci piring ini kepada ibu-ibu rumah tangga yang hadir pada acara rutin wirit yasin mingguan yang dilakukan pada setiap hari jumat dan acara PKK yang dilakukan pada setiap sekali sebulan di Desa Kulim Jaya, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir.(Firman)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Culture