GANDENG BUMDES UNTUK PERLUASAN PENDAFTARAN BPJS KESEHATAN”


seribuparitnews.com Kuantan Singingi, Jamkesnews - Sebagai badan hukum publik yang sudah lama mengelola program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan selalu berupaya mengoptimalkan pelayanan kepada peserta maupun stakeholders lainnya, terutama dengan memperluas akses-akses pendaftaran.

BPJS Kesehatan Cabang Tembilahan menggaet BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) Desa Air Emas yang merupakan usaha simpan pinjam sejak September 2018 menandatangani kerjasama untuk mendorong perluasan kepesertaan, khususnya Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU/Peserta Mandiri) ke dalam Program Jaminan JKN-KIS melalui Pembukaan Akses Pendaftaran Peserta Jaminan Kesehatan Nasional.

“Kalau untuk usahanya belum lama berjalan, saya pribadi berharap usaha desa kami dapat berkembang sehingga nantinya akan ada lebih banyak warga kami yang ter-cover program JKN-KIS,” ujar M Fajri Khalil selaku Kepala BUMDes.
Kerja sama yang dijalin oleh Desa Air Emas sangat penting karena dapat membantu tercapainya Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten Kuantan Singingi. Ini merupakan salah satu terobosan dari kita untuk dapat secepatnya UHC, dengan membuka channel pendaftaran lain. Selain itu, masyarakat juga sangat di untungkan karena tidak perlu datang jauh ke Kantor Cabang ataupun Kantor Kabupaten BPJS Kesehatan untuk melakukan pendaftaran, pendaftaran akan dilakukan secara kolektif oleh kepala BUMDes.

UHC bukan hanya menjadi tugas dari pemerintah, namun para pelaku usaha juga dapat turut berperan aktif mempercepat UHC khususnya di wilayah Kabupaten.

Harapan ke depan agar makin banyak lagi Kepala Desa yang perduli dengan pentingnya JKN-KIS sehingga dapat mengikuti langkah Desa Air Emas. Dengan adanya kesepakatan ini, Kepala Desa Air Emas berharap masyarakat di desanya sadar terhadap manfaat JKN-KIS. Menurutnya, masih banyak orang yang belum sadar pentingnya jaminan kesehatan.

“Sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa mendaftar Jaminan Kesehatan Nasional disaat masih sehat dan JKN dijalankan dengan prinsip kegotong royongan, untuk itu akses pendaftaran JKN-KIS di Desa Air Emas yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) beserta jajarannya akan terus berkoordinasi dan mengundang BPJS Kesehatan Cabang Tembilahan melalui Kantor Kab. Kuantan Singingi untuk melakukan sosialisasi, sehingga informasinya sampai ke seluruh masyarakat,” tutup Meri Lestari selaku Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Tembilahan. (sj)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Culture