E-DABU 4.2 LEBIH MEMUDAHKAN BADAN USAHA


Seribuparitnews.com,Tembilahan, Jamkesnews - BPJS Kesehatan Cabang Tembilahan mengadakan Kelas Sosialisasi Aplikasi e-Dabu 4.2 yang sudah dirilis secara nasional terhitung 1 Agustus 2019. Konsep kelas ini dipilih dengan mengundang sebanyak 25 Badan Usaha untuk sekali petemuan karena dalam kelas ini selain dilakukan sosialisasi, juga langsung dilakukan simulasi dan pratek penggunaan Aplikasi e-Dabu 4.2.

Perkembangan teknologi infromasi dan tuntutan peserta mengharuskan BPJS Kesehatan terus melakukan pengembangan sehingga aplikasi New e-Dabu menjadi aplikasi yang lebih efektif untuk digunakan oleh Badan Usaha. Aplikasi terupdate yang harus diketahui oleh Badan Usaha adalah Aplikasi E-Dabu versi 4.2 yang merupakan pengembangan aplikasi e-Dabu 3.1.

“Kelebihan dari aplikasi ini, terletak pada fitur terbarunya, diantaranya yang paling menonjol proses pendaftaran peserta yang lebih ringkas dengan memangkas fungsi approval. Sehingga keabsahan data kita serahkan kepada Badan Usaha,” ucap Faisal Hutama Putra Selaku Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan.

Dengan pemanfaatan e-Dabu secara optimal, proses pendaftaran dan pengelolaan data peserta Badan Usaha menjadi semakin mudah. Berbagai proses pengelolaan data peserta Badan Usaha sudah bisa diakomodir melalui e-Dabu, seperti pendaftaran peserta, edit data peserta, penambahan keluarga dan keluarga tambahan, penonaktifan peserta, perpindahan peserta dari Badan Usaha sebelumnya ke Badan Usaha sekarang, perubahan gaji dan lain sebagainya.

“Salah satu yang cukup menarik adalah Aplikasi E-Dabu 4.2 ini sudah bisa mengakomodir perpindahan peserta PBI dan peserta menunggak ke PPU Badan Usaha,” ungkap Wina salah satu peserta Kelas e-Dabu 4.2.

Dengan hadirnya e-Dabu 4.2 ini bagi Badan Usaha, seluruh proses administrasi kepesertaan dapat dilakukan secara mandiri oleh Badan Usaha. Beberapa proses yang tadinya harus dilaporkan manual ke kantor cabang atau by e-mail ke kantor cabang, hari ini dapat diproses secara otomasi pada aplikasi e-Dabu 4.2. Kami harapkan juga Badan Usaha juga dapat aktif melakukan komunikasi ke kantor cabang atau ke care centre 1500400 apabila ada kendala atau hal yang tidak dimengerti terkait pemanfaatan aplikasi ini,” lanjut Faisal.

e-Dabu versi 4.2 ini bersifat self assesment yaitu proses penambahan dan mutasi peserta seluruhnya berada pada keputusan PIC Badan Usaha, jadi tidak lagi memerlukan approval dari petugas BPJS Kesehatan Cabang Tembilahan, versi sebelumnya ada proses approval yang dilakukan oleh petugas BPJS Kesehatan setelah proses entry oleh HRD selesai dilaksanakan. Aplikasi New e-dabu ini diakses oleh PIC Badan Usaha sendiri yang ditentukan oleh Badan Usaha, sehingga tidak perlu dikhawatirkan keamanan data yang telah diinput. (sj)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Culture