BURSA INOVASI DESA CLUSTER 3 DI GELAR DI KECAMATAN TEMBILAHAN HULU



Seribuparitnews.com,||•BERITA TEMBILAHAN HULU : PEKAN KAMIS , Bursa Inovasi Desa Program Inovasi Cluster III yang meliputi Kecamatan Kempas, Tempuling, Enok dan Tembilahan Hulu dilaksanakan di Desa Pekankamis Rabu (07/08/2019).

Kegiatan Bursa Inovasi tersebut dihadiri Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab. Inhil yang diwakili Kepala Bidang Pembangunan Kawasan Perdesaan Edi Novarizar, S.Sos, KPW 1 Propinsi Riau Zainal Abidin, Camat Kempas Lukman Hakim, Camat Tempuling Ridwan, S.Sos, Camat Enok, Camat Tembilahan Hulu N.Nazar,S.Sos.M.Si , dari P3MD Provinsi Riau Chairul Rizki dan Darmawati juga diikuti Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa di Empat Kecamatan tersebut. Juga dihadiri Danramil 01 Tembilahan yang diwakili BATITUUD Pelda Khaidir, Kapolsek Tembilahan Hulu yang diwakili Aipda Gunawan, Kepala Desa dan Lurah Se - Kecamatan Tembilahan Hulu, TOMAS, TOGA, dan Masyarakat Desa Pekankanis , juga sebagai Tuan rumah Pemerintah Desa Pekankamis sebagai tuan rumah penyelenggara acara Bursa Inovasi Desa tersebut

Masing- masing Kecamatan mengirimkan wakil dari Desanya, diantaranya Tembilahan Hulu diwakili empat Desa, Tempuling lima Desa, Enok sepuluh Desa dan Kecamatan Kempas sepuluh Desa.

Masing - masing Desa mengirimkan tiga orang mengikuti Kegiatan Bursa Inovasi Desa tersebut.

Dalam sambutannya terlebih dahulu menyampaikan ucapan selamat datang di Desa Pekankamis Kecamatan Tembilahan Hulu dan mengucapkan Terima Kasih kepada Panitia yang telah Mempercayakan Kecamatan Tembilahan Hulu sebagai tuan rumah Pelaksanaan Bursa Inovasi Desa Tahun 2019. Karena ini Tahun pertama dilaksanakan di Kecamatan tentunya disana sini terdapat kekurangan oleh karena itu diharapkan di Tahun depan akan lebih baik lagi di Kecamatan berikutnya tutup Nazar. Kepada Panitia TPID yang telah mempersiapkan acara ini diucapkan Terima Kasih setinggi tingginya, diakhir sambutannya Camat Tembilahan Hulu menyampaikan satu buah pantun "Jalan jalan ke sungai intan,  naik sampan perahu layar, bursa inovasi desa dilaksanakan,  mudahan mudahan berjalan dengan lacar".

Selanjutnya sambutan di sampaikan oleh Kepala BPMD Inhil yang diwakili Kabid Pembangunan Kawasan Perdesaan Edi Novarizar, S.Sos beliau mengatakan tujuan Pertukaran Informasi dan Kreatifitas Cluster III Bursa Inovasi Desa adalah memotivasi Desa untuk lebih memanfaatkan Potensi Desanya. Apa yang ada di Desanya itu yang harus diangkat mereka (Para Pendamping Lokal Desa dan Pendamping Desa), sehingga dapat membantu peningkatan ekonomi masyarakat setempat. Termasuk juga Inovasi ini masuk dalam kategori Perencanaan Pembangunan Desa. Pertukaran Informasi Desa sudah dilaksanakan di Bursa Inovasi Tingkat Pusat. secara Nasional Kabupaten Indragiri Hilir masuk Kategori 60 (enam puluh) besar Tahun lalu dari 70.000 (tujuh puluh ribu) Desa Seluruh Indonesia, yaitu Desa Tanjung Melayu dengan Program Inovasinya Arisan Jamban ini sangat membanggakan tutup Novarizar.

Acara di buka secara simbolis dengan pemukulan gong oleh Kabid Pembangunan Kawasan Perdesaan Edi Novarizar, S.Sos didampingi Camat Tembilahan Hulu, Kempas, Tempuling dan Enok dan P3MD Provinsi Riau

Kegiatan Bursa Inovasi Desa memiliki 5 Cluster pembagian wilayah pelaksanaan. Tahun lalu Kegiatan ini digabungkan, Tahun 2019 dipilah sesuai Cluster , dan Alhamdulilah Kecamatan Tembilahan Hulu masuk Cluster III dan menjadi Tuan rumah tutup Putra Ramadhan, ST Koordinator Pendamping Desa Kecamatan Tembilahan Hulu, alhamdulilah Kegiatan berjalan dengan lancar.

Acara dilanjutkan mengunjungi beberapa Stand Kecamatan yang menampilkan Inovasi dan Kreatifitas yang telah di Jalankan oleh Desanya.

Hal unik ditampilkan oleh Stand Kecamatan Enok yang menampilkan pengolahan sabut kelapa yang sudah menembus pangsa ekspor ke Luar Negeri, tak kalah juga Stand Desa Sungai Intan Kecamatan Tembilahan Hulu menampilkan berbagai olahan Kelapa dari kerajinan seperti tanjak dari sabut kelapa, sampai bahan makanan dari olahan kelapa seperti permen kelapa, keripik Kelapa dan lain sebagainya yang mendapat respon positif dan acungan jempol dari pengunjung. (Suryadhana)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Culture