MASYARAKAT DAERAH TERPENCIL JUGA SUDAH PUNYA JAMINAN JKN-KIS

Dokumentasi JAMKESNEWS

Seribuparitnews.com  •| JAMKESNEWS  |• |,Tembilahan, Jamkesnews - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Tembilahan terus berjuang memberikan sosialisasi kepada masyarakat serta membuka pelayanan Mobile Customer Service (MCS) di Puskesmas Rakit Kulim Kecamatan Rakit Kulim Kabupaten Indragiri Hulu Rabu, (26/06). 

Akses jalan yang harus dilalui cukup memakan waktu, untuk menuju ke daerah tersebut menempuh jarak sekitar 65 km atau lebih kurang 1 (satu) jam 43 (empat puluh tiga) menit dari Kantor Kabupaten Indragiri Hulu.

MCS merupakan kegiatan pelayanan kepesertaan yang dilakukan di luar kantor dengan menggunakan kendaraan roda empat yang telah dimodifikasi dan menetap di suatu titik keramaian, di instansi, Puskesmas, pasar atau pusat keramaian lainnya.

Di dalamnya dapat digunakan untuk berbagai pelayanan kepesertaan, layanan itu diantaranya mendaftarkan kepesertaan, mengubah data, serta mencetak kartu, membuka pelayanan dengan menggunakan MCS. 

peserta dan calon peserta JKN-KIS yang ingin mengurus keperluan berkaitan status kepesertaannya tidak harus datang ke kantor BPJS Kesehatan terutama bagi masyarakat yang tempat tinggalnya di pedesaan dengan akses yang sulit.

"Dilakukan kegiatan MCS ini tujuannya agar masyarakat yang jauh dari Kantor BPJS Kesehatan bisa lebih dekat untuk mendaftar menjadi peserta, tetapi kami juga melayani perubahan data peserta, mengecek tunggakan Iuran, penambahan anggota keluarga dan juga pencetakan kartu bagi peserta yang belum memiliki atau jika kartu sudah rusak," ungkap Ridho Utama, petugas BPJS Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu.

Banyak warga sekitar terlihat antusias mendatangi MCS dengan berbagai keperluanya dalam pengurusan administrasi BPJS Kesehatan. “MCS ini sangat mempermudah masyarakat dalam pengurusan administrasi BPJS Kesehatan.

Selain itu, walaupun masyarakat harus mengantri, masyarakat tetap merasa nyaman karena mereka mengantri di wilayahnya sendiri dekat dengan rumah.” Sebut Pardi, salah satu masyarakat yang menakses MCS BPJS Kesehatan.

Berdasarkan pengakuan peserta yang berkunjung ke MCS BPJS Kesehatan mereka sangat sedang dan merasa sangat terbantu walaupun singkat tetapi berhasil melayani dengan maksimal lebih dari 40 peserta yang datang pada kegiatan MCS ini. Banyak juga yang berharap kegiatan MCS ini terus berlanjut dan dapat diadakan kembali. (sj)
Previous Post Next Post

Culture